Cintah... oppooo cintah?

Cinta. Nyerah deh kalo dah nemu kata itu. Yang ada juga nih hati kelepek-kelepek. "Emang situ tau, cinta tu apa?". "Eh om, nanya sapa?"."lah situ ngapain ngomong cinta?". "Ya mau aja, emang ga boleh ngomong cinta?". "Weks! kok balik nanya sih?". "Lho? Emang yg nanya sapa?". "Ya situ". "Emang situ, itu apa om?"."###@$%@#". (whehehe)


Seperti paragraf di atas itulah mungkin penggambaran sederhana tentang kebingungan sebagian orang mendesinfektankan cinta.... eh sori.. maksute deskriditkan, busyet deh salah lagi...deskripsikan maksute, soal definisi cinta. Kok gitu? Emang sapa yang bilang? Yg bilang ya mbahmu. Punten om. Maksute begini lho... setiap orang tuw kan punya kepala. nah, tentunya setiap isi kepala itu kan memiliki otak, yang fungsinya membaca sensor dari lingkungan sekitarnya, kemudian mengubahnya menjadi molekul sinyal-sinyal listrik yg fungsinya untuk mempola dan mengubah sinyal listrik menjadi informasi yg digunakan oleh manusia untuk membuat opini. Lah opini setiap orang berbeda-beda om. Begitu juga opini saya... Namun tentunya saya beropini sesuai dengan apa yg otak saya pelajari dan coba pahami. So? bukan opini buta om. key?

Oke deh... supaya bisa lebih asyik memahami apa itu cintah, kita tanya dulu deh ama yg ahoy (ahli,Pen.) di bidangnya.


DeFisini (Definisi, maksute) Cintah

Kalo nanya ama om wiki nih. Cinta adalah sebuah perasaan yang dirasakan oleh seseorang terhadap orang lain. Yaitu perasaan untuk saling berbagi segala sesuatunya secara bersama. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. But, itu menurut om wiki lho. Kalo menurut saya lain lagi. "Emang menurut situ cinta itu apa?". "Mmm.. kalo menurut saya, cinta itu ya... tergantung pendapat orang yang merasakannya". "Lah, itu mah ga creative". "ga papa, wong pendapat, pendapat saya" (whehehe) udah..udah.. nih kita bahas.

Tapi sebelum saya ketengahkan tuw cinta, saya mohon maaf kalo ternyata kesalahan bertumpuk pada pembahasan ini, karena bagaimanapun posting ini hanya sekedar pendapat subjektif dari saya.

Menurut hemat saya, biar lebih simple cinta itu bisa dibagi dalam 3 kelas. Yaitu, kelas ringan, kelas menengah and kelas berat (weh macam boxing saja yak? :p)

Cinta Ringan

Mungkin kalo dalam peribahasa bisa diumpamakan ama cinta monyet, cinta laler, cinta ayam ato cinta binatang lainnya kali yak? :)) Soale ya itu tadi, cintanya kan hanya hayalan-hayalan fana yang berkelabat sekilas doang, bisa jadi timbul karena terhipnotis shape lawan jenis secara fisik. Sayangnya cinta seperti ini hanya melatih otak untuk berfikir antara perut, puser ke bawah, sehingga ... ya itu tadi cinta like animal, ato dengan kata lain, cintanya ringan banget ga berbobot...

Cinta In Medium (whehe.. bahasane irregular je)
:))

Jenis cinta ini, kalo diliat dari sudut pandang om wiki, udah masuk banget. Cinta pada level ini si pelakune wis ngerti akan diarahkan kemana perasaan yang dia pikul (weks, emang karung!). Yang jelas keinginan untuk berbagi tuw dah terpola di dalam imaginasi perasaannya. Keinginan untuk melihat pasangannya slalu tersenyum, bahagia, ceria de - el - el. Meski levelnya baru pertengahan but, cinta pada level ini udah bisa membuat seseorang melakukan apasaja agar terwujud keinginannya. Namun sayang, cinta pada level ini memiliki kelemahan yang cukup tragis. (apa tu om?):surprise Pingin tau? Oke deh gini aja. Situ pernah liat tayangan kriminal di televisi ga? Macam buser ato apalah nicknya. (mmm.. pernah om) Nah itu die!! Situ pernah liat berita tentang pemuda yang bunuh diri lantaran cintanya ditolak ga? Ato bahkan membunuh pasangannya karena menolak cintanya? (wah iya om!!) nah itulah kelemahan dari cinta pada level ini. Hehehe.. :D Situ ngerti kan maksud ane? (waduh.!! kaga om) Busyet dah... masa kaga ngarti sih...? (geleng2) Oke deh.. simple nya gini. Pada level medium ini, cinta belum dipoles dengan spiritual skill.
(wah!! apaan tu om?) Spiritual skill tu adalah kemampuan memahami bahwa segala sesuatu yang mengalir dan berlaku di dimensi ruang dan waktu ini ada Sang Pengaturnya. (ooo.. ) Ngerti ente? (Iya om) Apa? (Berhubungan dengan agama tho?) Wah tumben ente nangkep. Yoi, maksudnya pada level ini cinta belum diamplas dengan pengetahuan agama. Bisanya hanya berbagi namun ga memperhitungkan tindakan apa yang akan diambil jika sekiranya keinginannya tak terwujud. :D wheheh macam ahli aja situ?

Cinta in Heavy (ck..ck..ck ehem2 :x )

Nah ini die... katanya mbah wiki tuw, heavy artinya berat. Nah sesuai dengan kelasnya, pada level ini tuw cintanya wis tinggi. Kalo mau, level ini bisa diklasikifasi
(klasifikasi om..) Ya itu maksud saya. Pendeskripsiannya yaitu : Cinta pada sang Pencipta (Allah), Rasul - Nya, Orang tua, baru kekasih :x. Nah jika sekiranya seseorang dah mengemban level cinta macam gini. Wuih... perfect banget. Jalan menanjak dianggap turunan, batu karang terasa bak setumpuk kapas. (Maksute apa om? kok rada binun nih) ah dasar situ, maksute tuw apapun resiko yang dihadapi pasti si pelaku dapat menemukan solusi ato jalan keluar, apapun itu. InsyaAllah ada jalan keluarnya... hfff...

Namun pada level ini pun ternyata masih ada kekurangannya (Wah!! masa sih om) iya... (apa tuw om?) Susah dapetinnya :D whehehe... (ah itu mah bukan resiko, itu konskwensinya) ya sama aja... (ya ga sama dong om...) ah udah ah ribet lu!! ini nih.. ngomong2 soal cinta, ane punya pengalaman yang asik lho... mo denger ga ente? (wah boleh deh om...;)) oke deh...
Share:

0 Komentar: